Friday, January 18, 2008

Network Topology Autodiscovery

Berikut ini sembilan langkah untuk mendapatkan topologi jaringan secara otomatis oleh Scotty:

1. Temukan seluruh IP address yang dipakai; dengan cara mengirim paket ICMP echo request ke setiap alamat. Kita tinggal memasukkan range IP address yang akan dipetakan host-hostnya. IP address yang dipakai disimpan ke database.

2. Lacak rute ke setiap IP address yang tersimpan dalam database di atas. Hasil rute disimpan kedalam database untuk analisa berikutnya. Pada tahap ini diperoleh juga IP address yang berfungsi sebagai gateway.

3. Tentukan network mask bagi tiap IP address dengan cara mengirim paket ICMP mask request. Simpan hasilnya untuk analisa selanjutnya.

4. Untuk host dengan banyak interface, temukan IP address interface yang lain dengan cara mengirim paket UDP ke unused port.

5. Identifikasi network dan subnetwork. IP address class A, B, C mudah diidentifikasi, tetapi subnetwork perlu trik tertentu untuk menemukannya.

6. Identifikasi mesin yang memiliki lebih dari satu interface (multi-homed).

7. Hubungkan IP address ke network yang telah diidentifikasi.

8. Gabungkan IP address yang dimiliki oleh mesin multi-homed untuk menghindari duplikasi.

9. Gambar peta. Ada tiga tipe objek dalam peta ini: host dan gateway dipetakan dalam node object, network ke network object, dan interface IP ke link object.





Tampilan fisik jaringan yang menggambarkan penempatan komputer-komputer di dalam jaringan dan bagaimana kabel ditarik untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut





No comments: